Tugas
Individu
MAKALAH
PENGENALAN INTERNET
PERKEMBANGAN
INTERNET, MANFAAT DAN PENGARUHNYA BAGI DUNIA PENDIDIKAN KHUSUSNYA UNTUK
PERKULIAHAN
Disusun Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah: Pengenalan Internet
Dosen: Suparno, S.Kom
Disusun Oleh:
Abdur
Rasyid
NIM :C1457201007
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER
(STMIK) PALANGKARAYA
SISTEM
INFORMASI
TAHUN
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur Kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, Kami dapat
menyelesaikan penyusunan
makalah ini dengan baik serta tepat waktu.
Penyusunan makalah
ini merupakan salah satu syarat untuk guna menyelesaikan mata kuliah Pengenalan
Internet yang berjudul “Perkembangan Internet, Manfaat Dan
Pengaruhnya Bagi Dunia Pendidikan Khususnya Untuk Perkuliahan” dengan
dosen Bapak. Suparno, S.Kom pada Jurusan Sistem Informasi Strata 1
(S-1) STMIK Palangka Raya.
Oleh sebab itu pada kesempatan ini,
Kami ingin mengucapkan Terima kasih
kepada Bapak yang telah membimbing Kami dalam penyelesaian makalah ini, dan
kepada seluruh rekan yang telah membantu Kami dalam penyusunan makalah ini. Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan tugas makalah ini banyak kekurangan, sehingga
jauh dari sempurna. Saran dan kritik yang membangun Kami harapkan
dari semua pembaca untuk kesempurnaan makalah ini yang sangat Kami
butuhkan untuk dapat lebih menyempurnakannya di masa yang akan datang.
Akhir kata,
semoga makalah ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi penulis khususnya dan
bagi pembaca semua pada umumnya.
Palangkaraya, 10 Maret 2014
Penulis
ii
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR
.................................................................................. i
DAFTAR ISI
................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
........................................................................ 1
1.2 Rumusan
Masalah
................................................................... 3
1.3 Tujuan
..................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Perkembangan Internet Di Dunia
............................. 4
2.2 Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia........................ 11
2.3 Manfaat Dan Pengauhnya
Internet Bagi Pendidikan
Khususnya
Di Perkuliahan..................................................... 11
BAB III PENUTUP
3.1
Simpulan
................................................................................ 19
3.2 Kritik & Saran
....................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA
................................................................................. 20
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Teknologi
adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan agar
lebih praktis bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi akan
terus dibangun, dikembangkan, serta berinovasi, untuk menemukan teknologi yang
baru dan bisa dimanfaatkan untuk saat ini dan dikembangkan terus menerus dan
lebih maju dari sekarang. Meski masa depan teknologi tidak ada yang tahu namun
masa depan teknologi bisa diprediksi, teknologi mana yang akan berkembang pesat
dimasa yang akan datang. Perkembangan teknologi pada saat ini
sangat pesat sekali salah satunya yaitu teknlogi perkembangan internet.
Internet adalah salah satu bukti nyata
pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi.
Internet membawa pengaruh yang teramat besar dalam pola kehidupan masyarakat dunia,
khususnya Negara-negara maju. Internet disebut juga dunia tanpa batas karena
sifatnya yang benar-benar mendunia. Waktu dan jarak bukan lagi masalah untuk
memperoleh informasi maupun memberi informasi. Secara keseluruhan memang masih
dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Internet kini menjadi pusat
informasi di seluruh dunia. Berbagai kepentingan pekerjaan maupun pendidikan
bergantung pada internet. Semua itu menuntut setiap individu untuk dapat
mengoperasikan internet sebagai konsekuensi hidup di zaman serba canggih ini.
Internet sebagai media
1
pembelajaran mulai diterapkan pada dunia pendidikan.
Peserta didik diajarkan mengenai pengoperasian internet, tujuannya adalah agar
peserta didik mengenal dunianya, dunia yang tidak berhenti mengalami
perkembangan teknologi. Namun dengan perkembangan
internet ini selain dampak positive yang diterima oleh pengguna ada juga dampak
negative yang ditimbulkan oleh perkembangan internet ini.
Di zaman sekarang kita telah mengenal dan menggunakan
internet, Baik dari sisi manfaatnya dan
dampaknya dari kehidupan manusia, maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses
informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. Internet sangat penting
sekali bagi suatu negara apalagi bagi negara yang berkembang. Perkembangan dan
penggunaan Internet di Indonesia tidak kalah pesatnya di banding dengan negara
negara lain di dunia.
Perkembangan
internet sangat pesat dan sangat di dukung dalam penyebarannya. Tak jarang kini
semua orang mengenal apa itu internet bahkan banyak orang sudah bisa
mengoprasikannya dimana saja dan kapan saja dan membuat hal-hal yang mendukung
internet tersebut. Internet sangat bermanfaat untuk zaman yang serba modern
yang menuntup dengan ketepatan informasi yang berkembang di aspek berbagai
wilayah. Internet juga kini di gunakan untuk ladang bisnis yang sangat
menguntungkan. Hal itu merubah pola pikir manusia bahwa yang ada di dunia ini
sangatlah sempit tak jarang orang takkan terkendala dalam hal komunikasi dan
informasi.
Sungguh
disayangkan masih terdapat beberapa pengguna yang menggunakan internet tidak
semestinya, dampak negatif yang di hasilkan oleh internet misalnya Pornografi,
Perjudian, penipuan, terdapat konten yang tidak patut dicontoh seperti kesadisan
juga banyak ditampilkan.
Namun
terlepas dari itu semua kita telah merasakan manfaat yang sangat mempengaruhi
aktifitas kita. Internet juga membuat majunya dunia pendidikan di mana
anak-anak bisa mengakses berbagai informasi yang positif di dalam internet.
Seperti halnya perpustakaan raksasa yang bisa di akses di mana saja dan kapan
saja. Namun masih banyak orang yang belum tau sejarah dan perkembangan
internet, manfaat dan pengaruhnya khususnya untuk perkuliahan maka dari itu makalah
ini susun agar orang tidak tabu tentang sejarah internet.
1.2 Rumusan Masalah
Guna
mencegah meluasnya pembatasan masalah yang akan dibahas, adapun pembatasan
masalah yang Kami bahas pada kesempatan kali ini, yaitu:
1)
Bagaimana sejarah perkembangan
internet?
2)
Apa manfaat dan pengaruhnya internet
bagi dunia pendidikan khususnya perkuliahan?
1.3 Tujuan
Dari
permasalahan diatas tujuan Kami menyusun makalah ini yaitu:
1)
Agar Pengguna khususnya Mahasiswa
mengetahui apa saja sejarah internet, perkembangan internet, manfaat dan pengaruhnya
khususnya untuk perkuliahan.
2)
Agar pengguna khususnya mahasiswa
menganalisis perkembangan internet dari zaman ke zaman.
3)
Agar Pengguna khususnya Mahasiswa
lebih menggunakan internet yang lebih positif, bermanfaat bagi pendidikan khususnya
dibidang perkuliahan.
4)
Agar Mahasiswa dapat
mengetahui hubungan internet dengan perkuliahan.
3
5)
Supaya mahasiswa
mengetahui peran komputer dalam membantu perkuliahan.
6)
Mengetahui proses
berkembangya teknologi di dunia pendidikan.
7)
Mengetahui pengaruh
positif dan negative internet bagi aktivitas pendidikan.
8)
Mengetahui cara
mengatasi dampak negativ dari Internet.
9)
Mengetahui kriteria
internet dibidang pendidikan beserta contohnya.
10)
Mengetahui apa saja
manfaat internet bagi pendidikan ataupun pembelajaran.
3
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Perkembangan Internet Di Dunia
Ø Pada
Tahun 1962
Penciptaan
internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari
MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic
Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang
memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada
Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang
merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
Ø Pada
Tahun 1966
Larry
Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer.
Ø Pada Tahun
1969
Internet
pertama kali dikembangkan oleh ARPANET (Advanced Research Project Agency) di
mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware
dan software
komputer yang berbasis UNIX,
untuk keperluan militer Amerika saling menghubungkan komunitas sains
dan keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan
Amerika Serikat (US Department of
Defense) membuat sistem jaringan
komputer yang tersebar dengan menghubungkan
komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir
dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi
perang dapat mudah dihancurkan. Penemuan ini dimaksudkan untuk melindungi data
yang
4
tersimpan secara
terpusat dan mempermudah pemindahan data penting apabila terjadi ancaman
seperti peperangan.
Pada
konsepnya sebenarnya internet merupakan suatu jaringan, yang mana suatu paket
informasi dapat dikirim dari suatu komputer ke komputer yang lain. Penemuan
packet switching menjadi awal landasan terbentuknya internet. Packet switching
adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang
masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salah satu
jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga
memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak
koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk
melakukan koneksi. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu
Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,
University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu.
Ø
Pada Tahun 1971
Jumlah komputer yang terhubung ke
ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP
berhasil dibangun.
Sebuah kelompok kerja yang disebut
dengan International Network Working
Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan
juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya
adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint
Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet”.
5
Ø Pada
Tahun 1972
Email
pertama kali dikenalkan oleh Roy Tomlinson, menulis program yang memungkinkan
surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang
konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk
menstransfer data.
Ø
Pada Tahun 1972
Larry
Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang
diselenggarakan di Washignton.
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog,
SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan
dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
ARPANET
ke luar Amerika Serikat pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa
universitas di luar Amerika Serikat yakni University
College of London dari Inggris
dan Royal
Radar Establishment di Norwegia.
Dan berhasil menggabungkan banyak komputer ke dalam jaringannya hingga lebih
dari 100 komputer dengan jaringan tersebut.
Vint
Cerf dan Bob Kahn
mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol
(TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
6
Bolt,
Beranet & Newman (BBN), pontraktor
untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut
sebagai Telenet,
yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Ø
Pada
Tahun 1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian,
yakni Transmission Control Protocol
dan Internet
Protocol (TCP/IP).
Ø Pada
Tahun 1979
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve
Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981
France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama,
dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Ø Pada
Tahun Awal 1980-an
Komputer pribadi
(PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat
ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network)
dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail,
mailing list,
dan juga File Transfer Protocol
(FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh
para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue
University, University of Washington,
RAND Corporation,
dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation
(NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan
lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
7
Ø Pada
Tahun 1982
Istilah
"Internet" pertama
kali digunakan, dan TCP/IP
diadopsi sebagai protokol
universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan,
sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host
tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini
tercatat lebih dari 1000 buah host tergabung ke Internet.
Ø Pada
Tahun 1984
Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang
dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan
sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
Ø Pada
Tahun 1986
Dibentuklah
jaringan dengan nama National Science Foundation Network (NSFNET) sebagai
jaringan yang menghubungkan para periset Amerika dengan 5 buah pusat super
komputer, negara-negara yang tergabung dalam NSFNET ini antara lain Australia,
Skandinavia, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada dan Jepang.
Ø Pada
Tahun 1987
Jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000
lebih.
Ø Pada
Tahun 1988
Jarko
Oikarinen dari Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun
kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat
dalam setahun. Tak kurang 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan.
8
Ø Pada Tahun 1990
Tahun
yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan
browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya,
yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut World Wide Web (WWW).
Ø Pada
Tahun 1992
komputer
yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan
pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
Ø Pada Tahun 1994
Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk
pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo!
didirikan, sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Sejarah internet Indonesia dimulai pada
awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal
sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan &
gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda
dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa
lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang
melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di
Indonesia memanfaatkan CIX
(Inggris) dan Compuserve
(AS) untuk mengakses internet.
Berdasarkan catatan who is ARIN dan APNIC,
protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB didaftarkan oleh
Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta,
Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W.
Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet
Indonesia pada tahun 1992
hingga 1994.
Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam
membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan
komputer di Indonesia.
Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan
Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul
"Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1]
di bulan November
1990. Juga beberapa
artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan
Mahasiswa Elektro ITB
pada tahun 1989.
Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh
Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial
pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang
celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di
Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup
nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun
di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode
teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference
pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia
melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan
10
ijin untuk ISP
yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa
Yamin.
Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa
menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser
Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).
Perkembangan terakhir yang perlu
diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu
& lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid
di dunia informasi. Rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing
list utama.
2.3 Manfaat Dan Pengauhnya
Internet Bagi Pendidikan Khususnya Di Perkuliahan
Perkembangan
internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran
jarak jauh. Dengan sistem ini maka seorang pelajar tidak perlu lagi pergi kesekolah
seperti layaknya sekolah formal. Namun cukup meluangkan waktunya untuk bertatap
muka dengan dosen atau guru lewat monitor komputer. Demikian juga pelajar tidak
hanya memperoleh informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaan bahkan
harus pergi ke perpustakaan untuk
memperoleh pengetahuan, namun cukup ada di depan monitor, pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia.
Bahkan seorang guru akan dengan mudah mencari bahan ajar yang sesuai dengan
bidangnya dan juga seorang siswa dapat mendalami ilmu pengetahuan yang
didapatkan dengan didukung kemampuan untuk mencari informasi tambahan diluar
yang diajarkan oleh guru.
11
Dengan
demikian akan terjadi perubahan pola pikir serta kreatifitas guru dan siswa
serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat , sehingga terjadi cakrawala
berpikir yang lebih kontektual dan lebih mudah mencerna informasi yang masuk
tersebut. Bahkan dalam lingkup pendidikan, sudah saatnya dibentuk suatu
jaringan informasi yang memanfaatkan teknologi informasi ini. Dengan demikian
terdapat suatu jaringan terhubung antar sekolah sebagai pertukaran data dan
informasi secara cepat, akurat dan tentunya murah dalam segala bidang .
Penyebaran ide maupun metode pembelajaran dalam proses pembelajaran yang lebih
tepat pun akan lebih mudah sampai kepelosok daerah yang selama ini mengalami
kesulitan menerima informasi terkini.
Pada
saat ini, internet sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan belajar
mengajar terutama pada bagian informasi biasanya berkaitan dengan
pelajaran dan tugas sekolah. Dahulu informasi hanya bisa didapat dengan membaca
buku dan Koran atau mendengarkan televisi dan radio. Akan tetapi berbeda dengan
sekarang, hanya dengan mengetik kata kunci pada search engine maka
milyaran informasi akan muncul sesuai dengan kata kunci tersebut. Tidak sedikit
dan tentunya banyak pelajar saat ini sudah menguasai bagaimana cara menggunakan
internet
Adapun
Manfaat
Dan Pengauhnya Internet Bagi Pendidikan Khususnya Di Perkuliahan dari segi
positifnya diantara nya yaitu:
1) Menambah wawasan dan ilmu
Internet
layaknya buku, bahkan lebih komplit sehingga bukan hanya sekedar jendela dunia,
namun pintu dunia. Beragam informasi disuguhkan
12
dan pelajar pun dapat menyerapnya
dalam rangka menambah wawasan serta ilmu, tidak hanya terkait bidang study yang
diajarkan sekolah, juga pengetahuan umum lainnya.
2) Menumbuhkan kreativitas
Dengan
internet, para pelajar akan banyak menemukan ide-ide cemerlang yang dapat
mereka aplikasikan dalam kehidupan nyata. Beragam jenis tutorial dan cara-cara
praktis seputar kehidupan disuguhkan dengan bahasa yang mudah dipahami.
3) Mempermudah Akses Informasi
Dengan
fungsinya sebagai bank data, tak pelak lagi, media internet bisa dimanfaatkan
para pelajar untuk mencari data untuk melengkapi bahan ajar di sekolah maupun
di kampus. Selain itu, informasi seperti berita selalu diperbaharui sehingga
pengguna internet bisa selalu memperbaharui informasi yang mereka dapatkan
secara praktis.
4) Komunikasi Tanpa Batas
Dewasa
ini, internet dipenuhi dengan beragam situs jejaring sosial yang menawarkan
konektivitas yang tentu menguntungkan bagi pelajar. Komunikasi dengan
orang-orang dari berbagai latar belakang suku, pendidikan, usia bisa dilakukan
melalui situs jejaring sosial tersebut. Selain itu, aplikasi seperti Yahoo
Messenger dan Skype banyak digunakan dalam sekolah/perkuliahan jarak jauh
dengan memakai sistem conference. Sebut saja universitas semacam Harvard dan
Oxford yang menyediakan perkuliahan jarak jauh yang bisa diikuti siapapun.
Peluang ini tentu sangat baik jika dimanfaatkan dengan benar oleh pelajar
maupun mahasiswa.
13
Melalui internet, para pelajar dapat
berkenalan dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Jarak, ruang, dan
waktu seolah tidak mampu membatasi interaksi tersebut sehingga pelajar akan
lebih mudah bergaul dan bersosialisasi.
5) Bersahabat Dengan Teknologi
Untuk
terkoneksi dengan internet, tentunya Anda membutuhkan gadget pendukung seperti
laptop, tablet, ataukah handphone. Secara tidak langsung, dengan mengakses
internet akan melatih penguasaan seseorang terhadap perangkat teknologi. Hal
ini tentunya merupakan hal positif sebab penguasaan terhadap teknologi
merupakan salah satu jenis keterampilan yang tidak dimiliki semua orang.
6)
Perkembangan internet dalam
pendidikan menciptakan manusia profesional & berstandar internasional dalam bidang pendidikan.
Dalam hal ini yang dimaksud adalah pendidik. Apaila
pendidikan dilakukan dilaksanakan secara berkualitas dan mengikuti perkembangan
arus globalisasi maka akan menghasilkan lulusan yang siap kerja seuai dengan
keahliannya, termasuk dihasilkannya tenaga pendidik yang pofesional dan
berstandar internasional. Hal ini tentunya akan membawa perkembangan positif
bagi peserta didik yang diajarnya kelak, yaitu dihasilkannya lulusan yang
berkualitas.
7)
Perkembangan Internet akan membawa
dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.
Globalisasi pendidikan terjadi secara mengglobal
atau mendunia, segala perubahan-perubahan aspek pendidikan terjadi di berbagai
negara termasuk Indonesia. Apabila perkembangan globalisasi dapat diikuti dan
14
disesuaikan
dengan tepat, maka akan membuat kualitas pendidikan Indonesia memiliki standar
yang sama atau lebih bagus dari negara-negara lain. Sehingga pendidikan di
Indonesia dapat disejajarkan atau mampu bersaing dengan negara-negara lain.
8)
Adanya perubahan struktur dan sistem
pendidikan yang meningkatkan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Demi
terselenggarakannya pendidikan yang lebih bermutu dan berkualitas, tidak
mungkin mempertahankan struktur dan metode pendidikan yang sudah ada. Semua
harus menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan saat ini. Misalnya dengan
memanfaatkan teknologi berupa media pembelajaran berbasis komputer, internet
atau sejenisnya. Selain itu diperlukan juga evaluasi terhadap kurikulum yang
sudah ada sehingga dapat dilakukan pembenahan pada rancangan kurikulum
selanjutnya. Pemanfaatan teknologi baru, seperti komputer dan internet,
telah membawa perubahan yang luar biasa dalam dunia pendidikan dan sudah
menjadi pemandangan biasa dalam praktik pembelajaran di sekolah di Indonesia.
Selain itu akibat kemajuan teknologi, pola pengajaran pada dunia pendidikan pun
juga turut berubah. Apabila dulu, guru hanya menulis dengan sebatang kapur
untuk menulis, menggambar sederhana serta menggunakan media-media elajar
sederhana, kini dengan komputer, tulisan, gambar, suara, film dan lain-lain
dapat digabungkan menjadi suatu proses komunikasi materi belajar. Melalui internet, para pelajar akan
dihadapkan pada kebiasaan mengakses dan memanfaatkan teknologi komunikasi dan
informasi, khususnya komputer, baik dari segi pemanfaatan, perawatan, atau
bahkan perbaikan. Hal ini secara tidak langsung akan menambah ilmu-ilmu praktis
bagi mereka.
Internet tidak sepenuhnya berdampak baik
bagi pendidikan. Bahkan banyak sekali dampak negatif Internet terhadap dunia
pendidikan. Berikut adalah dampak-dampak negatif Internet bagi pendidikan. Adapun Manfaat
Dan
15
Pengauhnya
Internet Bagi Pendidikan Khususnya Di Perkuliahan dari segi positifnya diantara
nya yaitu:
1)
Pornografi
Pornografi sering terjadi pada kalangan anak-anak dan
remaja. Kemungkinan sifat anak-anak dan remaja yang cukup lugu atau polos yang
belum begitu tahu mana yang benar dan salah menjadikan mereka sebagai target
dalam kejahatan ini. Disamping juga pelaku ingin merusak moralitas generasi
muda. Sangat memprihatinkan sekali karena pada usia ini, anak-anak dan remaja
sedang mengalami perkembangan pada bagian otak depan. Sedangkan otak depan
adalah pusat untuk melakukan perencanaan dan penilaian yang akan memerintahkan
tubuh melakukan sesuatu. Berbagai dampak buruk dari pornografi telah merusak
moral generasi penerus bangsa terutama Mahasiswa.
2)
Dunia pendidikan dan perkuliahan
akan sangat tergantung pada teknologi, yang berdampak munculnya “tardisi serba
instan”.
Dengan memanfaatkan internet sebagai media pencari
informasi, bisa didapat banyak keuntungan diantaranya adalah mendapatkan
informasi yang lengkap dan dalam waktu singkat. Namun hal ini justru memicu
dampak negatif tersendiri bagi penggunanya terutama bagi pelajar. Terlalu
bergantung pada internet cenderung membuat mereka menjadi semakin malas karena
tinggal akses internet mereka mendapat informasi mereka mau, tanpa bersusah
payah observasi secara langsung.
16
3)
Plagiarisme
Internet juga semakin mempermudah terjadinya
pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena makin mudahnya
mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
Tindakan ini sangat meresahkan penulis dan pengarang Indonesia.
Seseorang yang menjiplak tanpa mencantumkan sumber
adalah seorang plagiat dan tindakan ini disebut plagiarisme. Malas untuk
menulis (berkarya) tetapi ingin dianggap ahli dan pintar dalam menulis
(berkarya) merupakan alasan umum ketika seseorang menjiplak hak cipta/karya
seseorang. Sangat disayangkan sekali ketika plagiarisme ini merajalela,
kreatifitas anak bangsa secara tidak langsung tapi pasti akan menurun,
rendahnya rasa kepercayaan terhadap seseorang dan munculnya rasa malas pada
setiap orang.
4)
Perilaku sosial menyimpang
Penyimpangan perilaku sosial ini antara lain kurang
atau tidak mau bergaul dengan teman-teman sebayanya. Pelajar cenderung
mengurung diri dan asik menikmati dunia maya tanpa menghiraukan apa yang telah
terjadi di sekitarnya. Jika situs yang dibuka positif tidak begitu masalah.
Biasanya pelajar akan menceritakan petualangannya di dunia maya karena
mendapatkan ilmu baru. Akan tetapi jika situs yang dibuka adalah situs
pornografi, maka ia akan sembunyi-sembunyi mengatakannya. Hanya kepada teman
tertentu saja yang diceritakan supaya tidak ketahuan. Perilaku sosial
menyimpang yang lain adalah ia akan cemas, khawatir dan
17
merasa tidak
percaya diri (PD) jika tidak membawa ponselnya. Blackberry Messenger (BBM) atau
situs facebook yang selalu menemani membuat tidak bisa berkomunikasi dengan
temannya hanya tahu dunianya sendiri.
5)
Prestasi Belajar menurun
Biasanya Mahasiswa yang kecanduan
internet secara berlebihan akan mengganggu aktifitas belajarnya. Waktu yang
seharusnya digunakan untuk belajar digunakan untuk internet. Sebelum ia mengenal internet ia rajin belajar. Siswa lebih suka duduk
berlama-lama di depan layar komputer demi menjelajah dunia maya dibanding
membaca buku. Jam belajar
menjadi berkurang dan prestasi siswa menurun, Pekerjaan Rumah (PR), tugas
sekolah, dan lain-lain dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, namun setelah ia
kecanduan internet maka hal itu dilakukan ala kadarnya. Tugas dan PR sering
menyontek teman-temannya. Ulangan nilainya jelek karena tidak pernah belajar.
Akibat fatal ia tidak naik kelas dan bahkan tidak lulus.
6)
Akan semakin terkikisnya kebudayaan
bangsa akibat masuknya budaya dari luar.
Globalisasi dapat menyebabkan masuknya budaya atau
percampuran budaya asing (akulturasi kebudayaan) dengan budaya asli Indonesia.
Jika bangsa Indonesia tidak siap menerima perubahan globalisasi, maka bukan
tidak mungkin Indonesia akan cenderung mengarah ke memudarnya nilai-nilai
kelestarian budaya. Hal itulah merupakan awal dari pergeseran budaya yang tidak
sesuai dengan budaya Indonesia yang condong ke adat ke-timuran menjunjung
nilai-nilai moral dan kesopanan.
18
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Dengan perkembangan Teknologi dan Informasi yang sangat
pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras
mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat
Indonesia. Perkembangan Teknologi dan Informasi memperlihatkan bermunculannya
berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia
pendidikan. Contohnya seperti penggunaan e-learning.
Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di masa depan
bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan
lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait
pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam kehidupan kita
dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan
sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia
akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
3.2 Saran
Agar
dunia pendidikan di Indonesia bisa maju dan berkembang searah dengan
perkembangan teknologi maka akan banyak para pencetak kesuksesan dan
keberhasilan. Dengan adanya fasilitas dan prasarana yang mendukung maupun
sumber daya manusianya sendiri diharapkan agar bisa menghasilkan bibit-bibit
yang unggul. Selain itu dampak bagi dunia pendidikan sangatlah positif karena
mempermudah dan memperbesar wawasan kita tentang teknologi yang kita gunakan
untuk melaksanakan proses pendidikan.
19
DAFTAR PUSTAKA
·
https://anggaradian.wordpress.com/2011/12/30/pengaruh-globalisasi-terhadap-pendidikan-di-indonesia/
·
Anonim.2009.10 Dampak
negative Internet bagi pelajar.http://cauchymurtopo.wordpress.com/tag/10-dampak-negatif-internet-bagi-pelajar/
[14 Des 2013]
·
Anonim.2010. Manfaat Internet Bagi Pelajar.http://www.camsh.com/internet/manfaat-internet-bagi-pelajar
pendidikan-dan-masyarakat.html [14 Des 2013]
·
Anonim.2010.Dampak
Positif dan negative Internet.http://blog.dutainsan.org/tag/dampak-positif-dan-negatif-internet/
·
Aditya,Ricky.2011.Pengaruh
teknologi internet bagi Pelajar.http://rickyadityasmansa.blogspot.com/2011/03/pengaruh-teknologi-internet-terhadap.html
·
Aidhil,Pratama.(2012).Manfaat Internet Bagi Mahasiswa.http://lompoulu.blogspot.com/2012/07/manfaat-internet-bagi-pelajar.html
·
Vicky.(2012).Belajar Komputer MU.http://belajar-komputer
mu.com/dampak-negatif
20
Semoga Artikel Ini Bermanfaat Bagi Pembacanya | MAKE IT EASIER |
BalasHapus