Selasa, 24 Maret 2015

Makalah Pengenalan Internet Perkembangan Internet, Manfaat Dan Pengaruhnya Bagi Dunia Pendidikan.



Tugas Individu


MAKALAH PENGENALAN INTERNET
PERKEMBANGAN INTERNET, MANFAAT DAN PENGARUHNYA BAGI DUNIA PENDIDIKAN KHUSUSNYA UNTUK PERKULIAHAN



Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah: Pengenalan Internet
Dosen:  Suparno, S.Kom



Hasil gambar untuk stmikplk



Disusun Oleh:

Abdur Rasyid
NIM :C1457201007






SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER (STMIK) PALANGKARAYA
SISTEM INFORMASI
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR

          Puji syukur Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, Kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan baik serta tepat waktu. Penyusunan makalah ini merupakan salah satu syarat untuk guna menyelesaikan mata kuliah Pengenalan Internet yang berjudul “Perkembangan Internet, Manfaat Dan Pengaruhnya Bagi Dunia Pendidikan Khususnya Untuk Perkuliahan” dengan dosen Bapak. Suparno, S.Kom pada Jurusan Sistem Informasi Strata 1 (S-1)    STMIK Palangka Raya.
Oleh sebab itu pada kesempatan ini, Kami ingin mengucapkan Terima kasih kepada Bapak yang telah membimbing Kami dalam penyelesaian makalah ini, dan kepada seluruh rekan yang telah membantu Kami dalam penyusunan makalah ini. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan tugas makalah ini banyak kekurangan, sehingga jauh dari sempurna.  Saran dan kritik yang membangun Kami harapkan dari semua pembaca untuk kesempurnaan makalah ini yang sangat Kami butuhkan untuk dapat lebih menyempurnakannya di masa yang akan datang.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi penulis khususnya dan bagi pembaca semua pada umumnya.



                   Palangkaraya,  10 Maret 2014



 Penulis
ii
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ..................................................................................       i
DAFTAR ISI ................................................................................................       ii
BAB I     PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ........................................................................       1
1.2 Rumusan Masalah ...................................................................       3
1.3 Tujuan .....................................................................................       3

BAB II    PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Perkembangan Internet Di Dunia .............................        4
2.2 Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia........................       11
2.3 Manfaat Dan Pengauhnya Internet Bagi Pendidikan
Khususnya Di Perkuliahan.....................................................      11

BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan ................................................................................       19
3.2 Kritik & Saran .......................................................................        19

DAFTAR PUSTAKA .................................................................................        20







ii
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan agar lebih praktis bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi akan terus dibangun, dikembangkan, serta berinovasi, untuk menemukan teknologi yang baru dan bisa dimanfaatkan untuk saat ini dan dikembangkan terus menerus dan lebih maju dari sekarang. Meski masa depan teknologi tidak ada yang tahu namun masa depan teknologi bisa diprediksi, teknologi mana yang akan berkembang pesat dimasa yang akan datang. Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat sekali salah satunya yaitu teknlogi perkembangan internet.
Internet adalah salah satu bukti nyata pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi. Internet membawa pengaruh yang teramat besar dalam pola kehidupan masyarakat dunia, khususnya Negara-negara maju. Internet disebut juga dunia tanpa batas karena sifatnya yang benar-benar mendunia. Waktu dan jarak bukan lagi masalah untuk memperoleh informasi maupun memberi informasi. Secara keseluruhan memang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Internet kini menjadi pusat informasi di seluruh dunia. Berbagai kepentingan pekerjaan maupun pendidikan bergantung pada internet. Semua itu menuntut setiap individu untuk dapat mengoperasikan internet sebagai konsekuensi hidup di zaman serba canggih ini. Internet sebagai media
1
pembelajaran mulai diterapkan pada dunia pendidikan. Peserta didik diajarkan mengenai pengoperasian internet, tujuannya adalah agar peserta didik mengenal dunianya, dunia yang tidak berhenti mengalami perkembangan teknologi. Namun dengan perkembangan internet ini selain dampak positive yang diterima oleh pengguna ada juga dampak negative yang ditimbulkan oleh perkembangan internet ini.
Di zaman sekarang kita telah mengenal dan menggunakan internet, Baik dari sisi  manfaatnya dan dampaknya dari kehidupan manusia, maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. Internet sangat penting sekali bagi suatu negara apalagi bagi negara yang berkembang. Perkembangan dan penggunaan Internet di Indonesia tidak kalah pesatnya di banding dengan negara negara lain di dunia.
Perkembangan internet sangat pesat dan sangat di dukung dalam penyebarannya. Tak jarang kini semua orang mengenal apa itu internet bahkan banyak orang sudah bisa mengoprasikannya dimana saja dan kapan saja dan membuat hal-hal yang mendukung internet tersebut. Internet sangat bermanfaat untuk zaman yang serba modern yang menuntup dengan ketepatan informasi yang berkembang di aspek berbagai wilayah. Internet juga kini di gunakan untuk ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Hal itu merubah pola pikir manusia bahwa yang ada di dunia ini sangatlah sempit tak jarang orang takkan terkendala dalam hal komunikasi dan informasi.
Sungguh disayangkan masih terdapat beberapa pengguna yang menggunakan internet tidak semestinya, dampak negatif yang di hasilkan oleh internet misalnya Pornografi, Perjudian, penipuan, terdapat konten yang tidak patut dicontoh seperti kesadisan juga banyak ditampilkan.
Namun terlepas dari itu semua kita telah merasakan manfaat yang sangat mempengaruhi aktifitas kita. Internet juga membuat majunya dunia pendidikan di mana anak-anak bisa mengakses berbagai informasi yang positif di dalam internet. Seperti halnya perpustakaan raksasa yang bisa di akses di mana saja dan kapan saja. Namun masih banyak orang yang belum tau sejarah dan perkembangan internet, manfaat dan pengaruhnya khususnya untuk perkuliahan maka dari itu makalah ini susun agar orang tidak tabu tentang sejarah internet.

1.2  Rumusan Masalah
Guna mencegah meluasnya pembatasan masalah yang akan dibahas, adapun pembatasan masalah yang Kami bahas pada kesempatan kali ini, yaitu:
1)    Bagaimana sejarah perkembangan internet?
2)   Apa manfaat dan pengaruhnya internet bagi dunia pendidikan khususnya perkuliahan?

1.3 Tujuan
Dari permasalahan diatas tujuan Kami menyusun makalah ini yaitu:
1)   Agar Pengguna khususnya Mahasiswa mengetahui apa saja sejarah internet,  perkembangan internet, manfaat dan pengaruhnya khususnya untuk perkuliahan.
2)   Agar pengguna khususnya mahasiswa menganalisis perkembangan internet dari zaman ke zaman.
3)   Agar Pengguna khususnya Mahasiswa lebih menggunakan internet yang lebih positif, bermanfaat bagi pendidikan khususnya dibidang perkuliahan.
4)   Agar Mahasiswa dapat mengetahui hubungan internet dengan perkuliahan.
3
5)   Supaya mahasiswa mengetahui peran komputer dalam membantu perkuliahan.
6)   Mengetahui proses berkembangya teknologi di dunia pendidikan.
7)   Mengetahui pengaruh positif dan negative internet bagi aktivitas pendidikan.
8)   Mengetahui cara mengatasi dampak negativ dari Internet.
9)   Mengetahui kriteria internet dibidang pendidikan beserta contohnya.
10)    Mengetahui apa saja manfaat internet bagi pendidikan ataupun pembelajaran.















                                                                  3               
BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Sejarah Perkembangan Internet Di Dunia
Ø  Pada Tahun 1962
Penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
Ø  Pada Tahun 1966
Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer.
Ø  Pada Tahun 1969
Internet pertama kali dikembangkan oleh ARPANET (Advanced Research Project Agency) di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, untuk keperluan militer Amerika saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Penemuan ini dimaksudkan untuk melindungi data yang
4
tersimpan secara terpusat dan mempermudah pemindahan data penting apabila terjadi ancaman seperti peperangan.
Pada konsepnya sebenarnya internet merupakan suatu jaringan, yang mana suatu paket informasi dapat dikirim dari suatu komputer ke komputer yang lain. Penemuan packet switching menjadi awal landasan terbentuknya internet. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salah satu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu.
Ø  Pada Tahun 1971
Jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun.
Ø  Pada Tahun 1972
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet”.

5
Ø  Pada Tahun 1972
Email pertama kali dikenalkan oleh Roy Tomlinson, menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data.
Ø  Pada Tahun 1972
Larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton.
Ø  Pada Tahun 1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
Ø  Pada Tahun 1973
ARPANET ke luar Amerika Serikat pada tahun ini, anggota ARPANET  bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia. Dan berhasil menggabungkan banyak komputer ke dalam jaringannya hingga lebih dari 100 komputer dengan jaringan tersebut.
Ø  Pada Tahun 1974
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

6
Ø  Pada Tahun 1974
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Ø  Pada Tahun 1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
Ø  Pada Tahun 1979
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Ø  Pada Tahun Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

7
Ø  Pada Tahun 1982
Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat lebih dari 1000 buah host tergabung ke Internet.
Ø  Pada Tahun 1984
Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
Ø  Pada Tahun 1986
Dibentuklah jaringan dengan nama National Science Foundation Network (NSFNET) sebagai jaringan yang menghubungkan para periset Amerika dengan 5 buah pusat super komputer, negara-negara yang tergabung dalam NSFNET ini antara lain Australia, Skandinavia, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada dan Jepang.
Ø  Pada Tahun 1987
Jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Ø  Pada Tahun 1988
Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang  100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
8
Ø  Pada Tahun 1990
Tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut World Wide Web (WWW).
Ø  Pada Tahun 1992
komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
Ø  Pada Tahun 1994
Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
9
Berdasarkan catatan who is ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989.
Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan

10
ijin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.
Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).
Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama.

2.3 Manfaat Dan Pengauhnya Internet Bagi Pendidikan Khususnya Di Perkuliahan
Perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem ini maka seorang pelajar tidak perlu lagi pergi kesekolah seperti layaknya sekolah formal. Namun cukup meluangkan waktunya untuk bertatap muka dengan dosen atau guru lewat monitor komputer. Demikian juga pelajar tidak hanya memperoleh informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaan bahkan harus pergi ke perpustakaan untuk  memperoleh pengetahuan, namun cukup ada di depan monitor,  pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia. Bahkan seorang guru akan dengan mudah mencari bahan ajar yang sesuai dengan bidangnya dan juga seorang siswa dapat mendalami ilmu pengetahuan yang didapatkan dengan didukung kemampuan untuk mencari informasi tambahan diluar yang diajarkan oleh guru.

11
Dengan demikian akan terjadi perubahan pola pikir serta kreatifitas guru dan siswa serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat , sehingga terjadi cakrawala berpikir yang lebih kontektual dan lebih mudah mencerna informasi yang masuk tersebut. Bahkan dalam lingkup pendidikan, sudah saatnya dibentuk suatu jaringan informasi yang memanfaatkan teknologi informasi ini. Dengan demikian terdapat suatu jaringan terhubung antar sekolah sebagai pertukaran data dan informasi secara cepat, akurat dan tentunya murah dalam segala bidang . Penyebaran ide maupun metode pembelajaran dalam proses pembelajaran yang lebih tepat pun akan lebih mudah sampai kepelosok daerah yang selama ini mengalami kesulitan menerima informasi terkini.
Pada saat ini, internet sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar  terutama pada bagian informasi biasanya berkaitan dengan pelajaran dan tugas sekolah. Dahulu informasi hanya bisa didapat dengan membaca buku dan Koran atau mendengarkan televisi dan radio. Akan tetapi berbeda dengan sekarang, hanya dengan mengetik kata kunci pada search engine maka milyaran informasi akan muncul sesuai dengan kata kunci tersebut. Tidak sedikit dan tentunya banyak pelajar saat ini sudah menguasai bagaimana cara menggunakan internet
Adapun Manfaat Dan Pengauhnya Internet Bagi Pendidikan Khususnya Di Perkuliahan dari segi positifnya diantara nya yaitu:
1)      Menambah wawasan dan ilmu
Internet layaknya buku, bahkan lebih komplit sehingga bukan hanya sekedar jendela dunia, namun pintu dunia. Beragam informasi disuguhkan
12
dan pelajar pun dapat menyerapnya dalam rangka menambah wawasan serta ilmu, tidak hanya terkait bidang study yang diajarkan sekolah, juga pengetahuan umum lainnya. 
2)      Menumbuhkan kreativitas
Dengan internet, para pelajar akan banyak menemukan ide-ide cemerlang yang dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan nyata. Beragam jenis tutorial dan cara-cara praktis seputar kehidupan disuguhkan dengan bahasa yang mudah dipahami. 
3)      Mempermudah Akses Informasi
  Dengan fungsinya sebagai bank data, tak pelak lagi, media internet bisa dimanfaatkan para pelajar untuk mencari data untuk melengkapi bahan ajar di sekolah maupun di kampus. Selain itu, informasi seperti berita selalu diperbaharui sehingga pengguna internet bisa selalu memperbaharui informasi yang mereka dapatkan secara praktis.
4)      Komunikasi Tanpa Batas
Dewasa ini, internet dipenuhi dengan beragam situs jejaring sosial yang menawarkan konektivitas yang tentu menguntungkan bagi pelajar. Komunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang suku, pendidikan, usia bisa dilakukan melalui situs jejaring sosial tersebut. Selain itu, aplikasi seperti Yahoo Messenger dan Skype banyak digunakan dalam sekolah/perkuliahan jarak jauh dengan memakai sistem conference. Sebut saja universitas semacam Harvard dan Oxford yang menyediakan perkuliahan jarak jauh yang bisa diikuti siapapun. Peluang ini tentu sangat baik jika dimanfaatkan dengan benar oleh pelajar maupun mahasiswa.
13
Melalui internet, para pelajar dapat berkenalan dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Jarak, ruang, dan waktu seolah tidak mampu membatasi interaksi tersebut sehingga pelajar akan lebih mudah bergaul dan bersosialisasi. 
5)      Bersahabat Dengan Teknologi
Untuk terkoneksi dengan internet, tentunya Anda membutuhkan gadget pendukung seperti laptop, tablet, ataukah handphone. Secara tidak langsung, dengan mengakses internet akan melatih penguasaan seseorang terhadap perangkat teknologi. Hal ini tentunya merupakan hal positif sebab penguasaan terhadap teknologi merupakan salah satu jenis keterampilan yang tidak dimiliki semua orang.
6)      Perkembangan internet dalam pendidikan menciptakan manusia profesional & berstandar internasional dalam bidang pendidikan.
Dalam hal ini yang dimaksud adalah pendidik. Apaila pendidikan dilakukan dilaksanakan secara berkualitas dan mengikuti perkembangan arus globalisasi maka akan menghasilkan lulusan yang siap kerja seuai dengan keahliannya, termasuk dihasilkannya tenaga pendidik yang pofesional dan berstandar internasional. Hal ini tentunya akan membawa perkembangan positif bagi peserta didik yang diajarnya kelak, yaitu dihasilkannya lulusan yang berkualitas.

7)      Perkembangan Internet akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.
Globalisasi  pendidikan terjadi secara mengglobal atau mendunia, segala perubahan-perubahan aspek pendidikan terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia. Apabila perkembangan globalisasi dapat diikuti dan
14
disesuaikan dengan tepat, maka akan membuat kualitas pendidikan Indonesia memiliki standar yang sama atau lebih bagus dari negara-negara lain. Sehingga pendidikan di Indonesia dapat disejajarkan atau mampu bersaing dengan negara-negara lain.
8)      Adanya perubahan struktur dan sistem pendidikan yang meningkatkan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Demi terselenggarakannya pendidikan yang lebih bermutu dan berkualitas, tidak mungkin mempertahankan struktur dan metode pendidikan yang sudah ada. Semua harus menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan saat ini. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi berupa media pembelajaran berbasis komputer, internet atau sejenisnya. Selain itu diperlukan juga evaluasi terhadap kurikulum yang sudah ada sehingga dapat dilakukan pembenahan pada rancangan kurikulum selanjutnya.  Pemanfaatan teknologi baru, seperti komputer dan internet, telah membawa perubahan yang luar biasa dalam dunia pendidikan dan sudah menjadi pemandangan biasa dalam praktik pembelajaran di sekolah di Indonesia. Selain itu akibat kemajuan teknologi, pola pengajaran pada dunia pendidikan pun juga turut berubah. Apabila dulu, guru hanya menulis dengan sebatang kapur untuk menulis, menggambar sederhana serta menggunakan media-media elajar sederhana, kini dengan komputer, tulisan, gambar, suara, film dan lain-lain dapat digabungkan menjadi suatu proses komunikasi materi belajar. Melalui internet, para pelajar akan dihadapkan pada kebiasaan mengakses dan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, khususnya komputer, baik dari segi pemanfaatan, perawatan, atau bahkan perbaikan. Hal ini secara tidak langsung akan menambah ilmu-ilmu praktis bagi mereka.
Internet tidak sepenuhnya berdampak baik bagi pendidikan. Bahkan banyak sekali dampak negatif Internet terhadap dunia pendidikan. Berikut adalah dampak-dampak negatif Internet bagi pendidikan. Adapun Manfaat Dan
15
Pengauhnya Internet Bagi Pendidikan Khususnya Di Perkuliahan dari segi positifnya diantara nya yaitu:
1)        Pornografi
Pornografi sering terjadi pada kalangan anak-anak dan remaja. Kemungkinan sifat anak-anak dan remaja yang cukup lugu atau polos yang belum begitu tahu mana yang benar dan salah menjadikan mereka sebagai target dalam kejahatan ini. Disamping juga pelaku ingin merusak moralitas generasi muda. Sangat memprihatinkan sekali karena pada usia ini, anak-anak dan remaja sedang mengalami perkembangan pada bagian otak depan. Sedangkan otak depan adalah pusat untuk melakukan perencanaan dan penilaian yang akan memerintahkan tubuh melakukan sesuatu. Berbagai dampak buruk dari pornografi telah merusak moral generasi penerus bangsa terutama Mahasiswa.
2)        Dunia pendidikan dan perkuliahan akan sangat tergantung pada teknologi, yang berdampak munculnya “tardisi serba instan”.
Dengan memanfaatkan internet sebagai media pencari informasi, bisa didapat banyak keuntungan diantaranya adalah mendapatkan informasi yang lengkap dan dalam waktu singkat. Namun hal ini justru memicu dampak negatif tersendiri bagi penggunanya terutama bagi pelajar. Terlalu bergantung pada internet cenderung membuat mereka menjadi semakin malas karena tinggal akses internet mereka mendapat informasi mereka mau, tanpa bersusah payah observasi secara langsung.


16
3)   Plagiarisme
Internet juga semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena makin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan. Tindakan ini sangat meresahkan penulis dan pengarang Indonesia.
Seseorang yang menjiplak tanpa mencantumkan sumber adalah seorang plagiat dan tindakan ini disebut plagiarisme. Malas untuk menulis (berkarya) tetapi ingin dianggap ahli dan pintar dalam menulis (berkarya) merupakan alasan umum ketika seseorang menjiplak hak cipta/karya seseorang. Sangat disayangkan sekali ketika plagiarisme ini merajalela, kreatifitas anak bangsa secara tidak langsung tapi pasti akan menurun, rendahnya rasa kepercayaan terhadap seseorang dan munculnya rasa malas pada setiap orang.
4)   Perilaku sosial menyimpang
Penyimpangan perilaku sosial ini antara lain kurang atau tidak mau bergaul dengan teman-teman sebayanya. Pelajar cenderung mengurung diri dan asik menikmati dunia maya tanpa menghiraukan apa yang telah terjadi di sekitarnya. Jika situs yang dibuka positif tidak begitu masalah. Biasanya pelajar akan menceritakan petualangannya di dunia maya karena mendapatkan ilmu baru. Akan tetapi jika situs yang dibuka adalah situs pornografi, maka ia akan sembunyi-sembunyi mengatakannya. Hanya kepada teman tertentu saja yang diceritakan supaya tidak ketahuan. Perilaku sosial menyimpang yang lain adalah ia akan cemas, khawatir dan
17
merasa tidak percaya diri (PD) jika tidak membawa ponselnya. Blackberry Messenger (BBM) atau situs facebook yang selalu menemani membuat tidak bisa berkomunikasi dengan temannya hanya tahu dunianya sendiri.
5)   Prestasi Belajar menurun
Biasanya Mahasiswa yang kecanduan internet secara berlebihan akan mengganggu aktifitas belajarnya. Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar digunakan untuk internet. Sebelum ia mengenal internet ia rajin belajar. Siswa lebih suka duduk berlama-lama di depan layar komputer demi menjelajah dunia maya dibanding membaca buku. Jam belajar menjadi berkurang dan prestasi siswa menurun, Pekerjaan Rumah (PR), tugas sekolah, dan lain-lain dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, namun setelah ia kecanduan internet maka hal itu dilakukan ala kadarnya. Tugas dan PR sering menyontek teman-temannya. Ulangan nilainya jelek karena tidak pernah belajar. Akibat fatal ia tidak naik kelas dan bahkan tidak lulus.
6)   Akan semakin terkikisnya kebudayaan bangsa akibat masuknya budaya dari luar.
Globalisasi dapat menyebabkan masuknya budaya atau percampuran budaya asing (akulturasi kebudayaan) dengan budaya asli Indonesia. Jika bangsa Indonesia tidak siap menerima perubahan globalisasi, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan cenderung mengarah ke memudarnya nilai-nilai kelestarian budaya. Hal itulah merupakan awal dari pergeseran budaya yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang condong ke adat ke-timuran menjunjung nilai-nilai moral dan kesopanan.
18
BAB III
PENUTUP

3.1  Simpulan
Dengan perkembangan Teknologi dan Informasi yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan Teknologi dan Informasi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Contohnya seperti penggunaan e-learning. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

3.2  Saran
Agar dunia pendidikan di Indonesia bisa maju dan berkembang searah dengan perkembangan teknologi maka akan banyak para pencetak kesuksesan dan keberhasilan. Dengan adanya fasilitas dan prasarana yang mendukung maupun sumber daya manusianya sendiri diharapkan agar bisa menghasilkan bibit-bibit yang unggul. Selain itu dampak bagi dunia pendidikan sangatlah positif karena mempermudah dan memperbesar wawasan kita tentang teknologi yang kita gunakan untuk melaksanakan proses pendidikan.  

19
DAFTAR PUSTAKA

·           Priyadi.Rian.2013.12 pengaruh-internet-dalam-pembelajaran.html http://rian-priyadi.blogspot.com
·           https://anggaradian.wordpress.com/2011/12/30/pengaruh-globalisasi-terhadap-pendidikan-di-indonesia/
·           Anonim.2009.10 Dampak negative Internet bagi pelajar.http://cauchymurtopo.wordpress.com/tag/10-dampak-negatif-internet-bagi-pelajar/ [14 Des 2013]
·           Anonim.2010. Manfaat Internet Bagi Pelajar.http://www.camsh.com/internet/manfaat-internet-bagi-pelajar pendidikan-dan-masyarakat.html [14 Des 2013]
·           Anonim.2010.Dampak Positif dan negative Internet.http://blog.dutainsan.org/tag/dampak-positif-dan-negatif-internet/
·           Aditya,Ricky.2011.Pengaruh teknologi internet bagi Pelajar.http://rickyadityasmansa.blogspot.com/2011/03/pengaruh-teknologi-internet-terhadap.html
·           Aidhil,Pratama.(2012).Manfaat Internet Bagi Mahasiswa.http://lompoulu.blogspot.com/2012/07/manfaat-internet-bagi-pelajar.html
·           Vicky.(2012).Belajar Komputer MU.http://belajar-komputer mu.com/dampak-negatif







20

1 komentar:

  1. Semoga Artikel Ini Bermanfaat Bagi Pembacanya | MAKE IT EASIER |

    BalasHapus